Astronot Pertama Malaysia Terbang Oktober



AFP
Sheikh Muszaphar Shukor (kiri) terpilih sebagai astronot pertama Malaysia yang akan mengunjungi Stasiun Antariksa Internasional (ISS) dengan penerbangan Soyuz pada Oktober 2007 dan sebagai cadangannya Faiz Khaleed (kanan).





KUALA LUMPUR, SENIN - Seorang dokter akan menjadi angkasawan atau astronot Malaysia pertama yang mengunjungi luar angkasa. Setelah menyingkirkan puluhan ribu kandidat yang tertarik mengikuti seleksi, Sheikh Muszaphar Shukor (34) akan terbang dengana wahana Soyuz milik Russia pada bulan Oktober 2007.

Selain Shukor, seorang dokter gigi militer Faiz Khaleed (26) juga dipilih sebagai astronot cadangan. Keduanya terpilih dari empat kandidat terbaik, terdiri tiga pria dan seorang wanita, setelah menjalani seleksi di Star City, Moskwa. Shukor dan Khaleed kini harus menjalani latihan di tempat yang sama selama 18 bulan untuk mempersiapkan misi peluncuran.

"Saya berdoa kepada Tuhan agar ia menyukseskan misi ini dan membawa nama baik Malaysia di arena internasional," kata Perdana Menteri Abdullah Badawi saat mengumumkan astronot yang terpilih dalam sebuah upacara. Pengiriman astronot Malaysia ke luar angkasa merupakan hasil kesepakatan Malaysia dengan Russia pada 2003 sebagai bagian dari program pembelian 18 pesawat Sukhoi 30-MKM.

Ambisi Malaysia mengirimkan astronot ke luar angkasa digagas Mahathir Mohamad yang mengkampanyekan slogan Malaysia Boleh! sebelum masa pemerintahnnya berakhir. Kampanye tersebut dicanangkan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kebanggan di dalam negerinya.

Sebagai salah satu negara berpenduduk muslim terbesar, Malaysia juga berharap proyek antariksanya menjadi inspirasi bagi negara-negara berpenduduk muslim tebesar lainnya. Malaysia sangat getol mendorong negara-negara muslim lainnya untuk membangkitkan kembali kejayaan dalam bidang sains dan teknologi.



Sumber: AFP
Penulis: Wah

INDONESIA RAYA kita tercinta kapan menyusul...?

No comments:

Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner
Referral Banners